Sabtu, 07 Januari 2012

Cara Mudah Mengingat Isotop, Isoton, dan Isobar

Temen2 pasti sudah tak asing lagi jika mendengar istilah kimia kayak isotop,isoton, dan isobar...apa lagi bwt temen2 yg lagi duduk di bangku SMA pasti ada di pelajaran kimia... Istilah2 isotop, isoton, dan isobar mudah bwt diingat kalo qt masih duduk dibangku SMA..apalgi bwt tmen2 kelas X masih anget2nya tuh.. tapi gmna kalo qt dah lulus truz qt lanjutin kuliah ambil jurusan teknik kimia...pasti ada aja tmen2 yg lupa...sy hanya ingin sekedar mengingatkan saja...supaya ttep inget walaupun udah lulus SMA...to do point aja deh.. cekidot!!
Isotop -> iso artinya sama -> kata terakhirnya adalah huruf p yang artinya -> proton = nomor atom, jadi isotop itu adalah proton/nomor atomnya sama tapi nomor masanya beda.

Isoton -> iso artinya sama -> kata terakhirnya adalah huruf n yang artinya -> neutron = nomor massa - nomor atom, jadi isoton itu adalah neutronnya sama tapi nomor atom dan nomor masanya beda.

Isobar -> iso artinya sama -> kata terakhirnya adalah huruf bar yang artinya -> tekanan = nomor massa, jadi isobar itu adalah nomor massa nya sama tapi nomor atomnya beda.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar